Cara Membedakan Madu Asli

Selain rasanya yang manis, madu juga mempunyai banyak khasiat luar biasa untuk tubuh. Bagus untuk perawatan kulit dan bisa menyembuhkan luka hingga berfungsi sebagai antioksidan.

Namun sangat disayangkan sekali, ada banyak sekali madu yang dijual dipasaran yang tidak bisa dipastikan keasliannya.

Banyak madu palsu yang dioplos oleh para penjual untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Mereka mengklaim madu yang dijual 100% madu asli.

Meskipun banyak madu palsu yang bertebaran di pasaran, bukan berarti tidak bisa mendapatkan yang asli. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuktikan keaslian madu.

Namun sangat disayangkan, cara membedakan madu asli dengan yang palsu ini tidak bisa anda lakukan sebelum membeli madu nya.

Akan tetapi cara ini bisa dijadikan sebagai referensi atau pembelajaran untuk tidak membeli merek madu yang sama.

CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI

Cara Membedakan Madu Asli

Berikut cara membedakan madu asli dengan yang palsu :

  1. Periksa label
    Ketika membeli madu, periksalah label dengan hati-hati. Apabila ada bahan-bahan tambahan, maka jangan membelinya. Apabila ragu atau penjualnya tidak mencantumkan label, maka lakukan uji keaslian lainnya.
  2. Uji air
    Cara membedakan madu asli dengan yang palsu paling efektif yaitu dengan melakukan uji air. Tuangkanlah 1 sendok madu kedalam 1 gelas air. Apabila madu larut, maka bisa dikatakan madu tersebut tidak murni karena ada kandungan air didalamnya. Madu murni selalu berbentuk gumpalan ketika dituangkan kedalam air.
  3. Uji api
    Berhati-hatilah ketika melakukan uji api ini, karena madu adalah salah satu objek yang sangat mudah terbakar. Caranya ambil lilin dan tempatkan madu pada sumbu. Selanjutnya sulutkan sumbu dengan api, apabila sumbu mulai menyala, maka madu tersebut asli. Apabila tidak menyala, maka bisa dipastikan ada kandungan air dalam madu.
  4. Uji kertas
    Dalam uji ini, anda membutuhkan kertas yang bisa mengisap cairan. Selanjutnya tuangkan 1 tetes madu diatas kertas tersebut. Apabila madu tidak alami, maka kertas akan menyerap madu. Dan apabila madu murni, madu tersebut akan tetap berada diatas kertas.
  5. Aroma
    Madu yang tidak murni baunya asam dan anda akan menemukan zat berbusa putih didalamnya. Ada baiknya untuk segera membuangnya. Madu murni mempunyai aroma yang ringan dan halus.

Itulah 5 cara membedakan madu asli dengan yang palsu. Semoga saja cara ini bermanfaat buat semuanya dan bisa dijadikan referensi.

About : Aryanto

Aryanto

Aryanto adalah seorang pengusaha muda pemilik utama Aryanto Herbal sekaligus pemasar digital.

  • Aryanto
  • Aryanto
  • Aryanto
  • Aryanto
  • Please rate this

    Tags: