Manfaat Daging Bajing

Manfaat Daging Bajing (Tupai) Untuk Kesehatan dan Cara Memeliharanya

Bajing atau tupai merupakan hewan mamalia bertubuh kecil yang memakan biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Ada 20 spesies tupai di dunia, dan di Indonesia pulau Kalimantan menjadi tempat beberapa jenis tupai.

Bajing ataupun tupai ini termasuk hewan yang cerdik dan mempunyai ukuran otak yang besar. Kecerdasannya terbukti bahwa hewan ini mampu memilih makanan seperti apa yang harus dikumpulkan pada saat musim dingin.

Manfaat Daging Bajing (Tupai) Untuk Kesehatan dan Cara Memeliharanya

Tupai (bajing) akan memilih makanan yang tidak mudah basi ketika musim dingin seperti biji-bijian. Bajing ini mempunyai kemampuan untuk mencari mangsa, bertahan hidup, mencari pasangan, dan membuat sarang dengan rapih.

Sekarang sudah banyak masyarakat yang mulai memelihara tupai. Tubuhnya yang kecil, lucu, dan menggemaskan membuat orang-orang tertarik menjadikan bajing ini sebagai hewan peliharaan.

Memelihara bajing atau tupai ini tidak sulit, apabila dirawat dengan baik dan benar maka bisa menjadi hewan yang sangat penurut.

Bukan hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, ternyata tupai ini bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit tertentu. Beberapa masyarakat percaya bahwa daging bajing bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Daging Bajing

Banyak sekali manfaat daging bajing (tupai) untuk kesehatan dan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Dimana dalam daging tupai ini banyak sekali kandungan kalori, vitamin, protein, lemak, asam amino, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat daging bajing ini untuk kesehatan. Percaya tak percaya bahwa daging tupai ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia.

Ada beberapa penyakit yang dipercaya bisa disembuhkan dengan daging tupai ini, diantaranya yaitu :

  • Kencing manis / diabetes
  • Penyakit kanker
  • Penyakit rematik / asam urat
  • Penyakit lever
  • Penambah stamina

Seperti yang dikatakan diatas bahwa banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan daging bajing (tupai) ini. Tidak ada yang menyangka bahwa hewan yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Mulai dari penyakit ringan dan berat bisa disembuhkan dengan daging tupai ini. 100gr daging tupai terdapat 21,4gr protein. Bukan itu saja, otak bajing (tupai) juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit keterbelakangan mental pada anak.

Apabila anda tidak ingin repot mencari dan mengolah daging tupai, sekarang sudah ada banyak sekali yang mejual daging bajing dalam bentuk kapsul yang siap dikonsumsi.

Cara Memelihara Tupai (Bajing)

Itulah manfaat daging bajing (tupai) untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Bagi anda yang ingin memelihara hewan tupai ini, maka berikut ini adalah cara memelihara tupai yang kami dapatkan dari berbagai sumber :

1. Kandang
Ukuran kandang jangan terlalu sempit dan buatlah kandang berbahan besi dan ram kawat. Jangan biarkan ada makanan sisa yang membusuk dalam kandang supaya keadaan kandang tetap steril dan bersih. Dan jangan lupa untuk menyimpan batok kelapa beserta serabutnya untuk dijadikan kamar tempat tidurnya.

2. Makanan
Berbagai jenis buah-buahan, biji-bijian, dan serangga adalah makanan kesukaan bajing. Usahakan memberi makanan pada bajing yang bervariatif supaya kebutuhan serat dan vitamin terpernuhi.

3. Mandi
Untuk merawat bulu-bulunya supaya tidak botak, maka bajing ini harus dimandikan minimal 1 minggu sekali pada pagi hari supaya setelah dimandikan bisa langsung dijemur.

Terimakasih sudah menyimak manfaat daging bajing (tupai) untuk kesehatan dan cara memeliharanya. Semoga artikel yang disampaikan ini bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini dan tunggu informasi terbaru seputar kesehatan lainnya.

About : Aryanto

Aryanto

Aryanto adalah seorang pengusaha muda pemilik utama Aryanto Herbal sekaligus pemasar digital.

  • Aryanto
  • Aryanto
  • Aryanto
  • Aryanto
  • Aryanto
  • Please rate this

    Tags: